Administrasi Lainnya

I. Surat Keterangan Domisili/Tempat Tinggal

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian :

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Surat Pengantar dari Kelurahan
  3. Foto Copi KTP dan KK
  4. Dikoordinasikan dengan DISDUKCAPIL
  5. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  6. Waktu  penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

II.  Pengantar Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK)

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian :

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Surat Pengantar dari Kelurahan
  3. Foto copi KTP
  4. Pas photo berwarna ukuran 4×6 sebanyak 2 lembar (merah)
  5. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  6. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

III.  Dispensasi Nikah

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian :

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Foto copi KTP dan KK pemohon / calon mempelai
  3. Surat Pernyataan tidak terikat perkawinan sah (bermatera 6000)
  4. Surat pengantar dari Kelurahan (model N1, N2, N3, N4, N5 dan N6)
  5. Surat Izin/pengantar dari kesatuan (khusus anggota TNI dan POLRI)
  6. Retribusi : Tidak dikenakan Retribusi
  7. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

IV. Surat Pindah

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Asli KTP dan KK pemohon yang akan pindah
  3. Pas photo berwarna 4×6 sebanyak 2  (dua)  lembar
  4. Surat Keterangan Catatan Kepolisian (bagi yang pindah antar Kab/Kota dan Provinsi)
  5. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  6. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

V.  Surat Keterangan Kelahiran

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian :

  1. Surat Pengantar RT/RW
  2. Foto copi KTP  Suami dan Istri
  3. Foto copi KK
  4. Foto copi Surat Nikah/Isbat nikah (Akte Perkawinan)
  5. Foto copi surat keterangan kelahiran dari Bidan/Rumah Bersalin/Rumah Sakit
  6. Surat Keterangan Kelahiran dari Kelurahan
  7. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  8. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

VI. Surat Keterangan Domisili/Tempat Tinggal (bagi yang akan berangkat Haji)

  1. Surat Keterangan Sehat dari Puskesmas setempat.
  2. Foto copy Buku Tabungan haji dengan Saldo minimal Rp. 25.000.000,- (Dua puluh lima juta rupiah) 1 (satu) lembar dan diperlihatkan aslinya
  3. Surat Keterangan /Pernyataan Domosili dari Lurah diatas materai 6.000 diketahui oleh Camat.
  4. Foto copy Akta Kelahiran/Ijazah/Surat Nikah sebanyak 2 (dua) lembar
  5. Foto copy Kartu Tanda Penduduk sebanyak 6 (enam) lembar
  6. Pas photo berwarna dengan latar belakang putih (70-80 % tampak wajah depan, Ukuran 3×4 sebanyak 30 lembar dan Ukuran 4×6 sebanyak 13 lembar
  7. Retribusi : tidak dikenakan retribusi
  8. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja.

 

VII. Pelayanan Akta Jual Beli / Akta Hibah/APHB ( Akte Pembagian Hak Bersama );

1.    Syarat–syarat Pelayanan  Akte Jual Beli Tanah/Akte Hibah/APHB (Akte Pembagian Hak Bersama)

a)    Sertifikat yang telah di cek oleh Kantor Pertanahan Kota Depok;

b)    Girik Asli dan fotokopi C Desa yang dilegalisir oleh Lurah;

c)    Riwayat tanah dari Kelurahan bagi yang belum bersertifikat;

d)    Berita acara pengecekan lokasi yang disaksikan oleh RT dan RW;

e)    Foto copy KTP, KK dan Surat Nikah bagi penjual  dan fotokopi KTP bagi Pembeli (Untuk APHB

melampirkan Foto copy KTP dan KK ahli waris) dilegalisir;

f)     BPHTB / PPH bagi yang terkena;

g)    Surat Pernyataan Waris apabila pemilik sudah meninggal;

h)   Denah lokasi bagi yang belum bersertifikat;

i)     Surat Pernyataan Tidak Sengketa dari pemilik tanah disaksikan oleh Ketua RTdan RW serta tercatat

diregister Kelurahan.

j)      Fotokopi SPPT dan STTS PBB tahun terakhir lunas pajak;

  1. Lamanya waktu penyelesaian : 14 (empat belas) hari kerja
  2. Biaya :

2,5%  untuk transaksi dibawah Rp 100 Juta dan

1,5%  untuk Transaksi diatas Rp 100 Juta dengan Rp 1 Milyar

1%     untuk Transaksi diatas 1 Milyar (UU NO.24 Thn 2004 tentangNotaris).

 

VIII. Surat Keterangan Domisili Usaha

Persyaratan/Retribusi/waktu penyelesaian

  1. Surat Pengantar RT dan RW
  2. Surat Rekomendasi dari Kelurahan dan Kecamatan
  3. Foto copy KTP dan KK Pemohon
  4. Foto Copy Bukti Kepemilikan Hak atas Tanah
  5. PBB Tahun terakhir lunas pajak
  6. Foto copy Akta Pendirian Perusahaan
  7. Foto copy Izin Mendirikan Bangunan
  8. Surat Izin Tetangga
  9. Surat Perjanjian Sewa/Kontrak bagi yang bukan milik sendiri
  10. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  11. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

IX.  Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM)

Persyaratan/Retribusi/waktu penyelesaian

  1. Surat Pengantar RT dan RW
  2. Foto copi KTP dan KK pemohon
  3. Surat Rekomendasi dari Puskesmas
  4. Surat Keterangan tidak mampu dari Kelurahan yang diketahui oleh Puskesmas
  5. Retribusi : Tidak dikenakan Retribusi
  6. Waktu penyelesaian 2 (dua) hari kerja

 

X.  Surat Pernyataan Waris

Persyaratan/Retribusi/Waktu penyelesaian :

  1. Foto copy Surat Kematian dilegalisir
  2. Foto copy KTP dan KK Pewaris dan Ahli Waris dilegalisir
  3. Foto copy Surat Nikah Pewaris atau Isbat Nikah Pewaris dilegalisir
  4. Surat Kuasa Pengurusan Waris
  5. Foto copy Akte Kelahiran atau Akte Keterangan Lahir Ahli Waris dilegalisir
  6. Surat Pernyataan Waris disaksikan oleh Ketua RT dan RW serta dicatat diregister Kelurahan
  7. Daftar Hadir Ahli Waris dari Kelurahan
  8. Surat Kematian apabila ahli waris yang meninggal (turun waris)
  9. Retribusi : Tidak dikenakan retribusi
  10. Waktu penyelesaian 5 (lima) hari kerja

 

XI. Proses Pembuatan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

Persyaratan KTP baru :

  1. Pengantar RT dan RW
  2. Mengisi Formulir
  3. Foto copy Akte Kelahiran/Ijazah
  4. Surat Pindah dari alamat asal bagi pendatang
  5. Pas foto 2×3 = 2 lembar (lahir tahun genap warna dasar biru, lahir tahun ganjil warna dasar merah)
  6. foto copi KK bagi anggota keluarga yang terdaftar pada KK orang tua
  7. Retribusi : tidak dikenakan retribusi
  8. Ketelambatan dikenakan denda.

Persyaratan KTP Perpanjangan :

  1. Pengantar RT dan RW
  2. KTP Asli
  3. Foto copy Akta Kelahiran/Ijazah
  4. Foto copy KK
  5. Pas foto 2×3 = 2 lembar (lahir tahun genap warna dasar biru, lahir tahun ganjil warna dasar merah)
  6. Retribusi : tidak dikenakan retribusi
  7. Keterlambatan dikenakan denda
  8. Waktu penyelesaian 14 (empat belas) hari kerja

 

XII. Pembuatan Akta Kelahiran

Berdasarkan Surat Edaran Kepala Dinas  Kependudukan dan Pencatatan Sipil

Nomor 474.2/323/Bid.Capil-2013, Tanggal 13 Juni 2013

Sebagai berikut :

  1. Pelayanan akta kelahiran yang melampaui batas waktu 1 (satu) tahun, khusus yang lahir di Kota Depok, pelayanan langsung diproses di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil tanpa melalui penetapan Pengadilan, dengan melengkapi persyaratan-persyaratan.
  2. Bagi warga yang kelahiran diluar Kota Depok pencatatan kelahiran dilaksanakan dimana tempat dilahirkan (azas Peristiwa)
  3. Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil telah melakukan pelayanan mulai dari tanggal 1 Juni 2013.

Persyaratan-persyaratannya :

  1. Mengisi Formulir Pendaftaran (F2.01) Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Depok
  2. Surat kelahiran dari penolong kelahiran ASLI (RS/Puskesmas/Klinik/RB/Dokter/Bidan)
  3. Foto Copy KTP dan Kartu Keluarga orang tua yang bersangkutan
  4. Keterangan kelahiran dari Kelurahan (Stempel basah/asli)
  5. Foto copy Akta Nikah/perkawinan orang tua dilegalisir
  6. Foto copy KTP Pelapor dan mendandatangani formulir bermatera @ Rp. 6.000,-
  7. Menghadirkan 2 orang saksi dan melampirkan foto copy KTP-nya
  8. Pemohon diluar domisili Kota Depok berkas permohonan harus dilegalisir daerah setempat/domisili
  9. Surat Kuasa bagi pemohon yang bukan orang tua kandung
  10. Berkas lainnya….

Tempat Pelayanan :

Kantor Disdukcapil Kota Depok

Jl Margonda No. 54, Telepon/Fax  (021)  7756256

Depok – Jawa Barat 16431

PELAYANAN  KECAMATAN TAPOS :

Mulai Pukul 08.00 s/d 15.30 WIB

LAYANAN PENGADUAN :

1. Melalui Kotak Pengaduan/Saran

2. Telepon/Fax. (021) 87903977

3. SMS  : 081808155493

4. E-mail : tapos@depok.go.id

 TAPOS TERBAIK