Perizinan

LAMPIRAN I KEPUTUSAN WALI KOTA DEPOK

NOMOR       :    138/325/Kpts/Ortala/Huk/2010

TANGGAL     :    9 Agustus 2010

STANDAR OPERASIONAL PROSEDUR (SOP)

PELAYANAN DI KECAMATAN TAPOS

SEKSI PEMERINTAHAN

1. PEMBUATAN AKTA JUAL BELI / AKTE HIBAH / APBH (AKTE PEMBAGIAN HAK BERSAMA)

Persyaratan    :

  1. Sertifikat yang telah di cek oleh Kantor Pertanahan Kota Depok;
  2. Girik Asli dan fotocopy  C Desa yang dilegalisir oleh Lurah;
  3. Riwayat tanah dari Kelurahan bagi yang belum bersertifikat;
  4. Berita acara pengecekan lokasi yang disaksikan oleh RT dan RW;
  5. Fotocopy KTP,KK dan Surat Nikah bagi penjual dan fotocopy KTP bagi Pembeli (untuk APBH melampirkan fotocopy KTP dan KK ahli waris) dilegalisir;
  6. BPHTB / PPH bagi yang terkena;
  7. Surat Pernyataan Waris apabila pemilik sudah meninggal;
  8. Denah lokasi bagi yang belum bersertifikat;
  9. Surat Pernyataan Tidak Sengketa dan pemilik tanah disaksikan oleh Ketua RT dan RW serta tercatat di register Kelurahan;
  10. Fotocopy SPPT dan STTS PBB tahun terakhir lunas pajak;

Waktu  : 14 Hari Kerja

Biaya   :

2,5 % untuk transaksi dibawah Rp.100 Juta

1,5 % untuk transaksi diatas Rp.100 Juta sampai dengan Rp. 1 Milyar

1 % untuk transaksi diatas Rp. 1 Milyar (UU No.24 Thn 2004 tentang Notaris)

2.      KETERANGAN KELAHIRAN

      Persyaratan :

  1. Surat pengantar dari Rt dan RW;
  2. Fotocopy KTP Suami dan Istri;
  3. Fotocopy Kartu Keluarga (KK);
  4. Fotocopy Surat Nikah atau Isbat Nikah;
  5. Fotocopy surat keterangan kelahiran dari Bidan/Rumah Bersalin/Rumah Sakit;
  6. Surat keterangan kelahiran dari Kelurahan;
  7. Rekomendasi dari Kecamatan yang lebih dari 60 hari;

Waktu : 2 Hari Kerja

3.      SURAT PERNYATAAN WARIS

    Persyaratan :

  1. Fotocopy Surat Kematian dilegalisir;
  2. Fotocopy KTP dan KK Pewaris dan Ahli Waris dilegalisir;
  3. Fotocopy Surat Nikah Pewaris atau Isbat Pewaris dilegalisir;
  4. Surat Kuasa Pengurusan Waris ;
  5. Fotocopy Akte Kelahiran atau Akte Keterangan Lahir Ahli Waris dilegalisir;
  6. Surat Pernyataan Waris disaksikan oleh ketua Rt dan RW serta dicatat diregister Kelurahan;
  7. Daftar Hadir Ahli Waris dari Kelurahan;
  8. Surat kematian apabila terdapat ahli waris yang meninggal (turun waris)

Waktu : 5 Hari Kerja

4.      PROSES PEMBUATAN KARTU TANDA PENDUDUK (KTP)

Persyaratan :

  1. Pengantar RT dan RW;
  2. Mengisi formulir F101;
  3. Fotocopy Akte Kelahiran ./ Ijazah;
  4. Surat Pindah dari alamat asal bagi pendatang;
  5. Pas foto 2×3 = 2 lembar (Lahir tahun genap warna dasar biru, lahir tahun ganjil Warna dasar merah);
  6. Fotocopy KK bagi anggota keluarga yang terdaftar pada KK orang tua;

Persyaratan KTP Perpanjangan :

  1. Pengantar RT dan RW;
  2. KTP asli;
  3. Fotocopy Akta Kelahiran / Ijazah;
  4. Fotocopy KK;
  5. Pas Foto 2×3 = 2 lembar (Lahir tahun genap warna dasar biru, lahir  tahun ganjil Warna dasar marah).

Waktu : 14 Hari Kerja

5.      SURAT PINDAH

  Persyaratan :

  1. Surat pengantar RT dan RW;
  2. Asli KTP dan KK pemohon;
  3. Pas Foto 4 x 6 = 2 lembar (bagi yang pindah antar Kabupaten dan Provinsi);
  4. SKCK (bagi yang pindah antar Kabupaten dan Provinsi).

Waktu : 2 Hari Kerja

6.      DISPENSASI NIKAH

   Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Fotocopy KTP dan KK Pemohon /calon
  3. Surat Pernyataan Tidak Terikat Pernikahan Sah bermaterai;
  4. Surat pengantar dari Kelurahan;
  5. Surat Ijin / Pengantar dari Kesatuan ( TNI/POLRI ).

Waktu : 2 Hari Kerja

7.      SURAT KETERANGAN DOMISILI / TEMPAT TINGGAL

Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Fotocopy KTP dan KK;
  3. Dikoordinasikan dengan DISDUKCAPIL.

Waktu 2 Hari Kerja

SEKSI PEMBERDAYAAN MASYARAKAT

1. SURAT KETERANGAN DOMISILI USAHA

   Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Surat Rekomendasi dari Kelurahan dan Kecamatan;
  3. Fotocopy KTP dan KK Pemohon;
  4. Fotocopy Bukti Kepemilikan hak Atas Tanah;
  5. PBB Tahun terakhir lunas pajak;
  6. Fotocopy Akta Pendirian Usaha;
  7. Fotocopy Ijin Mendirikan Bangunan;
  8. Surat Ijin Tetangga;
  9. Surat Perjanjian Sewa / Kontrak bagi yang bukan milik sendiri.

Waktu : 2 Hari Kerja

2.      IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN PEMUTIHAN

Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Surat Rekomendasi Dario Kelurahan;
  3. Fotocopy KTP dari Pemohon;
  4. Fotocopy Bukti Kepemilikan Hak Atas Tanah;
  5. PBB lunas pajak 5 tahun terakhir;
  6. Foto Bangunan tampak depan dan samping;
  7. Denah lokasi;
  8. Ijin Pemanfaatan Ruang (IPR) bagi tanah dibawah 200 M2;
  9. Bangunan tersebut terdiri Sekurang – kurangnya 5 tahun yang di buktikan Dengan Pembayaran PBB / Lunas PBB secara Berturut –turut.

Waktu : 14 Hari Kerja

3.    REKOMENDASI IJIN MENDIRIKAN BANGUNAN

Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Bukti Kepemilikan Tanah (Sertifikat / Akta / Girik / C Desa);
  3. PBB Tahun terakhir lunas pajak;
  4. Fotocopy KTP Pemohon;
  5. Surat Ijin Tetangga;
  6. Ijin Pemanfaatan Ruang (IPR) bagi tanah dibawah 200 M2;
  7. Rekomendasi dari Kelurahan;
  8. Site Plan (untuk perumahan dan tempat usaha).

Waktu : 5 Hari Kerja

4SURAT KETERANGAN TIDAK MAMPU

    Persyaratan :

  1. Surat  Pengantar RT dan RW;
  2. Fotocopy KTP dan KK Pemohon;
  3. Surat Rekomendasi dari Puskesmas;
  4. Surat keterangan Tidak Mampu dari Kelurahan yang diketahui oleh Puskesmas.

Waktu : 2 Hari Kerja

5.    PENGANTAR SKCK

Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Fotocopy KTP;
  3. Surat Pengantar Kelurahan;
  4. Pas Foto Berwarna 4×6 = 3 lembar.

Waktu : 2 Hari Kerja

6.    SURAT KETERANGAN DOMISILI / TEMPAT TINGGAL (bagi yang akan berangkat haji)

     Persyaratan :

  1. Surat Pengantar RT dan RW;
  2. Fotocopy KTP dan KK;
  3. Keterangan domisili tempat tinggal dari Kelurahan bermaterai;
  4. Dikoordinasikan dengan DEPAG

Waktu : 2 Hari Kerja

7.    IJIN PEMANFAATAN RUANG

Persyaratan            :

  1. Fotocopy Bukti Kepemilikan Tanah (Sertifikat /Akta /Girik / C Desa);
  2. Fotocopy KTP  pemohon;
  3. Fotocopy SPPT dan STTS PBB tahun terakhir lunas pajak;
  4. Surat Permohonan dari yang bersangkutan diatas materai;
  5. Ijin Tetangga diketahui RT dan RW;
  6. Denah lokasi yang dimohon;
  7. Luas Tanah dibawah 200 M2 yang bukan berada di area pengembang;
  8. Surat Pernyataan Pemanfaatan Ruang yang diketahui oleh Lurah.

Waktu  : 14 Hari Kerja

Biaya : R = Indeks Lokasi x Indeks Pemanfaatan x Luas Tanah x (0,0005 x NJOP).

PELAYANAN  KECAMATAN TAPOS :

Mulai Pukul 08.00 s/d 15.30 WIB

LAYANAN PENGADUAN :

1. Melalui Kotak Pengaduan/Saran

2. Telepon/Fax. (021) 87903977

3. SMS  : 081808155493

4. E-mail : tapos@depok.go.id

=*= TAPOS TERBAIK=*=