CAMAT TAPOS BUKA SOSIALISASI DEPOK MEMILAH SAMPAH TAHUN 2015

Uncategorized

GAB 1

Sosialisasi Depok Memilah Sampah di selenggarakan di Rusunawa (Rumah Susun Sewa) di lingkungan RW. 05 Kelurahan Cilangkap Kecamatan Tapos.

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 31 Desember 2015 sebagai Program Unggulan Walikota Depok, yang dibuka oleh Camat Tapos Muchsin Mawardi, S.IP, S.Sos, M.Si dengan narasumber Nurhadi dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Depok.  Jumlah peserta yang hadir berjumlah 90 orang warga lingkungan RW 05 Kelurahan Cilangkap dari berbagai lapisan masyarakat, mulai dari pengurus RT, RW, Ibu-ibu PKK, para pemuda di lingkungan RW. 05.

Kegiatan ini bermaksud untuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang pentingnya memilah sampah organik dan non organik yang berasal dari limbah rumah tangga. Pengolahan sampah sebaiknya dimulai dari rumah tangga karena dapat mempermudah pengolahan sampah setelah tiba di TPS (Tempat Pengolahan Sampah), yaitu dengan memisahkan antara sampah organik dari sisa makanan (sayuran, nasi, lauk pauk dan lain-lain) dengan sampah non organik (plastik, sterofoam, kaleng dan lain-lain).

Tujuan dari pemilahan sampah ini adalah untuk mempermudah pengolahan sampah di TPS, sehingga dapat mengurangi volume sampah yang berasal dari limbah rumah tangga, selain itu dapat menambah penghasilan masyarakat, karena sampah organik yang telah di pilah dapat dijadikan pupuk, lalu pupuk itu dapat dipakai oleh kalangan sendiri atau dijual, sampah non organik yang sudah dikumpulkan bisa diolah kembali menjadi bahan kerajinan tangan atau dijual ke pengepul sampah. Maka sampah-sampah itu dapat memiliki nilai jual untuk menambah penghasilan masyarakat.

Camat Tapos selain memberikan sosialisasi juga memberikan bantuan berupa ember kecil, ember besar dan saringan sampah kepada peserta sosialisasi untuk mempermudah proses pemilahan sampah, sehingga sosialisasi ini dapat berjalan demi terciptanya Kota Depok yang bersih. (By. Agoest DAO/PPID Tapos)

GAB 2GAB 3GAB 4GAB 5