Kecamatan I Kota Depok
gradient
gradient

Cegah DBD, Tapos Depok Makin Memperkuat Kader Jumantik

Kelurahan Tapos menyelenggarakan kelurahan sehat dengan sosialiasi dan pemeriksaan jentik berkala di Aula Kelurahan TaposKecamatan Tapos, Rabu (14/9) kemarin. Yang di hadiri oleh kader-kader yang ada di Kelurahan Tapos.

Lurah Tapos, Soleh mengatakan ini merupakan rangkaian dari program kelurahan sehat untuk penguatan kader-kader Jumantik dalam memberantas jentik nyamuk yang ada di Kelurahan Tapos.

“Ini merupakan rangkaian kelurahan sehat, untuk menguatkan kader Jumantik,” ujar Soleh.

Soleh juga mengatakan bahwa tugas kader-kader ini adalah untuk turun kelapangan langsung untuk memantau lingkunganya dan memberikan edukasi-edukasi kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing.

“Sosialiasai ini minimal para Kader Jumantik ini bisa memberikan edukasi kepada masyarakat,” kata Soleh.

Kasi Kemas Kelurahan Tapos, Elis mengatakan kegiatan ini untuk mewaspadai karena sudah memasuki musim hujan, oleh karena itu para kader harus lebih bergerak untuk mengantisipasi ini.

“sebetulnya, kader bebas jumantik itu sudah tinggi, sudah 98,5% tetapi kita harus antisipasi seperti mengadakan sosialiasi ini,” ungkapnya.

Lanjutnya, untuk peserta sosialiasi ini hanya perwakilan dari setiap RW yang ada di Kelurahan Tapos untuk di latih agar bisa cepat turun kelapangan dan bisa mengedukasi warga untuk mengurangi sarang-sarang jentik.

“Kegiatan ini yang di latih hanya 2 orang untuk mewakilkan RWnya dengan jumlah total peserta yaitu 40 orang,” ucap Elis.

Elis berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi ini, kader Jumantik harus tetap konsisten bisa melakukan pemeriksaan dengan minimal  untuk satu bulan empat kali dan berharap kepada masyarakat agar mengetahui sarang-sarang jentik nyamuk.

“Karena kalau kita bebas dari jentik nyamuk bisa terhindar dari penyakit Demam Berdarah dan dengan adanya kader jumantik ini bisa menurunkan atau menghilangkan penyakit DB,” tutup Elis. (ana)

Jurnalis : Andika Eka     Editor : Arnet Kelmanutu

Sumber : https://www.radardepok.com/2022/09/cegah-dbd-tapos-depok-makin-memperkuat-kader-jumantik/


Share: